Pembahasan Jurnal "Penerapan K-Means dalam Efektivitas Pembelajaran E-Learning pada Masa Pandemi Covid-19 "
- Dapatkan link
- Aplikasi Lainnya
Pembahasan Jurnal
Penerapan K-Means dalam Efektivitas Pembelajaran E-Learning pada Masa Pandemi Covid-19
Karya : Seko Lesmana, Atika Fauzia Akbari, Elsa Yulia Rahman, Dudih Gustia
Disini saya mengambil jurnal tersebut dari : https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=l27vKB4AAAAJ&citation_for_view=l27vKB4AAAAJ:isC4tDSrTZIC
Penelitian tersebut di laksanakan di MAN 1 SUKABUMI yang terletak di Jl. Suryakencana KM 2 PO Box 11 Kecamatan Cibadak Kabupaten Sukabumi. Madrasah Aliyah Negeri 1 Sukabumi dengan lama penelitian selama 2 bulan.
berdasarkan yang penulis baca, penelitian tersebut menggunakan metode K-Means.
K-Means merupakan salah satu metode pengelompokan data non-hierarki (sekatan) yang berusaha mempartisi data yang ada ke dalam bentuk dua atau lebih kelompok (Sadewo et al., 2019).
Adapun tahapan yang harus dilakukan dalam perhitungan algoritma K-Means, yaitu:
1. Mentukan K sebagai jumlah cluster yang ingin dibentuk.
2. Tetapkan nilai untuk pusat cluster (centroid)
3. Hitung jarak setiap data terhadap masing-masing centroid dengan menggunakan persamaan Eunclidean Distance hingga pada setiap data ditemukan jarak yang paling dekat dengan centroid. Persamaan Euclidean Distance yaitu :
4. Kelompokkan data ke dalam cluster dengan jarak yang paling pendek menggunakan persamaan5. Hitung pusat cluster yang baru menggunakan persamaanXij = E cluster ke -K
P = banyak nya anggota cluster ke K.
Dan lakukan perulangan dari tahap 3 sampai dengan 5 hingga tidak ada lagi data yang berpindah pada cluster yang lain.
Adapun metode pada penelitian tersebut dilakukan dengan cara mengumpulkan data responden, menghitung jarak literasi, kemudian melakukan pengelompokan berdasarkan cluster . Pengumpulan data responden di lakukan dengan menggunakan kuisioner google form terhadap 639 siswa dengan jumlah pertanyaan sebanyak 10 buah dan di bagi menjadi 4 cluster
cluster tersebut dibedakan menjadi STS, TS, S dan SS, terhadap sistem pembelajaran secara daring.
Setelah hasil nilai data yang diperoleh dari kuisioner dikalkulasi, maka selanjutnya menentukan pusat cluster atau centroid awal, centroid awal ini ditentukan secara acak atau random. Pada penelitian tersebut, menggunakan data Salma, Nursantia, Fadhil, Muh Saabiq dengan hasil yaitu :
M1 = (0, 5, 4, 1)
M2 = (1, 6, 3, 0)
M3 = (7, 2, 1, 0)
M4 = (1, 3, 5, 1)
Selanjutnya menghitung jarak terdekat dengan pusat cluster. Data pertama yang digunakan yaitu: Aseila Aprilia S {3, 6, 1, 0}. dengan perhitungan :
dilanjutkan sampai data ke-n dan di dapat data hasil perhitungan hasil jarak untuk Itrasi-1 yaitu :
dari data tersebut,dikelompokan sesuai jarak terdekat berdasarkan cluster, dan hasil nya yaitu :
Dari hasil perhitungan ini, akan menghasilkan urutan berdasarkan kluster yang di mulai dari C1 seperti berikut :
- Dapatkan link
- Aplikasi Lainnya
Komentar
Posting Komentar