Pembahasan Jurnal "ALGORITMA K-MEANS DALAM PENENTUAN TINGKAT KEPUASAN
SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN ONLINE DI MASA PANDEMI"
Penulis : M Syukron Nawawi,Dudih Gustian
Objek penelitian : SMK Islam Nurul Huda.
Penelitian ini sesuai dengan data yang dikumpulkan dari kuisioner siwa sebanyak 60 responden sebagai sampel.
Pada Penelitian ini metode tinjauan pustaka yang digunakan adalah menggunakan systematic literature review, dengan menggunakan alur proses penentuan population, intervention, comparison, outcomes, dan context beserta research question mengikuti style.
Algoritma K-means merupakan salah satu metode cluster analysis non hirarki yang berusaha untuk mempartisi objek yang ada kedalam satu atau lebih cluster atau kelompok objek berdasarkan karakteristiknya. rumus yang digunakan yaitu :
dengan diagram alur seperti berikut :
Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa algoritma k-means menggunakan teori euclidean distance sebagai cara pemilihan jarak antar data dan ke pusat cluster dapat digunakan untuk menentukan tingkat kepuasan siswa dalam pembelajaran secara online pada masa covid-19. Dari cluster ini menghasilkan tingkat pernyataan yang tidak setuju dikategorikan tinggi dengan nilai 7.69 dibandingkan dengan pernyataan setuju yang dikategorikan rendah dengan nilai 4.09, sedangkan untuk tingkat kategori sedang tidak ada, yaitu dengan nilai 0.00. Secara garis besar, dari penelitian yang dilakukan terhadap 60 siswa di SMK Islam Nurul Huda untuk tingkat kepuasan siswa dalam pembelajaran secara online pada masa covid19, dengan menggunakan metode k-means dan menerapkan teori euclidean distance,memiliki tingkat pernyataan tidak setuju yang tinggi dibandingkan dengan pernyataan setuju. Bisa dikatakan bahwa dengan hasil seperti ini bisa menjadi pertimbangan dan perbaikan untuk pembelajaran online di masa pandemi covid-19.
Komentar
Posting Komentar